Kita atau Kami?

Lagi pengen komentar bahasa Indonesia nih...
Bahasa Indonesia saya gak bagus-bagus banget dan gak EYD juga sih. Tapi saya suka gemes sendiri kalo denger orang ngomong kita yang maksudnya adalah kami.
Misalnya nih ingin menjelaskan tentang bagian2 dalam departemen pekerjaannya kepada tamu/pengunjung : "Kita punya bagian A, B, dan C."
Jadi suka pengen bilang : "Kita? Kamu atau Kalian kali hehehe..."
Kita itukan = saya/kami + kamu/kalian, jadi si pengunjung/tamu juga yang punya departemen
itu dong :O
Hampir di setiap kesempatan saya mendengar penyalahgunaan kata kita. Awalnya darimana kok bisa salah seperti juga saya tidak mengerti.

Begitu juga dengan kata apa dan atau. Saya taunya ketika anak saya memberikan pilihan.
Dede : "Bu, mau pilih A apa B?"
Ibu : "Kalau pilihan kan kata sambungnya 'atau' nak"
Dede : "Oh gitu yaa..tapi semuanya bilang apa, bukan atau"
Ibu : "Tidak semuanya, gunakanlan yang benar meskipun yang lain kurang tepat, tidak usah ditiru"

Suatu hari kami sekeluarga ikut gathering sekolah. Waaahhh setelah saya perhatikan ternyata teman-teman, guru, orang tua menggunakan kata sambung apa untuk pilihan, bukan atau.
Hmmm....apa saya yang terlalu perhatian pada tata bahasa ya hihihi...iseng banget deh kupingnya ini..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar