Belajar Mengemudi (V)

Hari terakhir belajar mengemudi rasanya kok berat ya. Mungkin memang harus mengambil kelas tambahan, bisa-bisa satu paket lagi dan mengajak si instruktur menemani menggunakan mobil pribadi.

Si Bapak telat jemput karena jalanan macet katanya. Tidak apa-apalah saya bisa maklum kok.

Saatnya belajar tanjakan dan parkir pararel. Duuh denger tanjakan udah ngeri karena takut mobil jadi mundur dan nabrak yang dibelakang dan denger kata parkir dah keder duluan karena sebelumnya parkir mundur susahe minta ampun. But the show must go on. Gak bisa hanya bilang takut aja trus tidak melakukan apa-apa.

Langsung menuju arena tanjakan dan untungnya sepi jadi tidak terlalu takut mengganggu orang lain. Intinya adalah keseimbangan antara gas dan kopling. Kita hanya main di gas, kopling dan siaga dengan rem tangan.
Dalam keadaan macet total/berhenti, injak kopling habis, rem, posisi gigi netral,  dan angkat rem tangan. Ketika akan berjalan merambat, kopling tekan penuh, posisi gigi 1, berikan gas sedikit [penuh perasaan], lalu angkat rem tangan dan kemudian angkat kopling perlahan hingga mobil berjalan merambat. Jika akan berhenti, tekan kopling perlahan hingga dirasa mobil berhenti. Jika menekannya terlalu dalam, mobil akan mundur, segera angkat perlahan hingga tercapai keseimbangan dan akhirnya mobil diam.

Latihan seperti ini membuat kaki kiri saya lemes dan capek hehe. Tapi kata instruktur, not bad. Akhirnya kami menuju tempat lapang lagi untuk belajar parkir pararel. Parkir pararel ternyata tidak sesulit parkir seri, jadi dengan 2 kali latihan dari instruktur saya sudah bisa melakukannya walau agak lama hehe.

Setelah itu muter2 jalan raya untuk melancarkan. Mesin sudah tidak mati jika saya harus berhenti mendadak tetapi masih belum bisa dapet feeling jika harus meyalip atau berpapasan dengan mobil lain.

Setelah ini, harus ngurus SIM dulu, untuk kemudian baru deh bisa coba pakai mobil sendiri. Duuh mobil sendiri masih cicilan :D. Tapi tetep bangga karena hasil dari bisnis HEBATku kerja di rumah :)

Semangaaat!!

1 komentar: