PRT oh PRT

Kalo cerita mengenai PRT ada banyak hal yang bisa diceritakan karena jobdesknya yang sangat unik.
Saya kenal PRT ketika ngontrak rumah di Bandung pas kuliah. Cuman tidak terlalu mendalam karena tinggal bayar, dia masak dan bersih-bersih plus cuci baju, setelah itu dia pulang. Menunya tergantung temen-temen biasanya. Saya sih apa saja boleh, yang penting makan. Tidak pilh-pilih soal lauk. Kemudian berniat tidak menggunakan PRT ketika menikah nanti karena memang sejak kecil sudah terbiasa tanpa PRT. Ibu saya aja bisa, kenapa saya enggak? Begitu pikir saya.
Setelah menikah, ternyata mertua pindah tempat tinggal dan meninggalkan PRTnya di rumah yang saya tempati bersama suami. Mau tidak mau ya saya pakai juga. Ibu mertua bilang sih, kalau saya tidak mau pakai jasanya disuruh pulang aja. Saya pikir tidak apa-apalah buat bantu-bantu. Rasanya capek juga kalo harus kerja dari pagi sampai sore trus mesti bersihkan rumah dan masak pula. Lagian kasian juga kalo harus memulangkan dia. Udah tua, gak ada lahan pekerjaan. Dia kerja untuk suaminya yang sakit-sakitan. Mereka tidak punya anak, jadi mereka hidup berdua.
Yang namana pembantu ya jobdesknya membantu. Jadi tanggung jawab rumah tetep di saya. Saya juga memperlakukan dia seperti keluarga saya sendiri. Saya jarang menyuruh yang bersifat memerintah, dan kebetulan dia sudah tahu apa yang harus dilakukannya.
Awalnya semua berjalan baik. Sampai akhirnya ada beberapa barang yang "rasanya" berkurang. Saya sendiri kurang tahu karena barang2nya kebanyakan milik mertua. Akhirnya karena takut disangka tidak menjaga barang pemberian dengan baik, saya lakukan "stock opname". Daannn ternyata bener, sedikit demi sedikit barang menghilang. Mau saya tanya ke PRT kok rasanya seperti menuduh, gak ditanya kok semakin gawat. Bingung banget! Saya orang yang tidak senang dengan konfrontasi.
Akhirnya pada suatu waktu pintu kamar PRT saya terbuka dan ada banyak kardus di dalamnya [kebetulan di mau mudik]. Saya iseng membuka kardus, dan ternyata isinya perabot dan pakaian yang hilang.
Rasanya pengen meledak saja. Udah dibaik-baikin kok kita dijahatin! Akhirnya saya mengadu kepada ortu. Ortu bilang, biarin aja dia pulang. Biasanya dia males balik.
Suatu hari dia menelpon lagi. Berhubung saya mau punya baby dan belum ada pembantu, akhirnya saya menerima dia lagi dengan melakukan pengamanan yang lebih ketat.
Dia BT karena semua lemari yang biasanya tidak terkunci jadi saya kunci. Bayi lahir, dia jadi ada tambahan pekerjaan mengurus bayi. Saya naikkan gajinya. Bulan depannya dia mengadu pada kakak ipar saya minta dinaikkan gaji. Katanya capek. Saya kasian juga, akhirnya saya naikkan. Eh bulan depannya lagi dia menelpon mertua saya di Bali dan minta naik gaji, kalo tidak dinaikkan dia tidak akan balik dari mudik.
Wah saya langsung naik pitam donk! Saya kan sudah survei tuh gaji pengasuh yang merangkap pembantu, ya emang udah sesuai. Saya berniat memberhentikannya saja meskipun saya belum mendapat gantinya. Modal Nekat aja. Ortu dan saudara2 panik karena takut saya gak ada pengasuh lagi sedangkan saya harus bekerja.
Keputusan saya tidak dapat diganggu gugat. Gaji tidak saya naikkan, mau pulang silakan saja!
Sempet stress juga! H-7 dia mau mudik saya belum dapet pembantu. Akhirnya H-6 dapet pembantu dari temen. Nggak tau bagus atau jelek, yang penting ada dulu. Pokoknya saya siap berhenti kerja jika ternyata pembantunya kurang baik.
Mungkin saya terkesan gengsi dan egois. Tapi kalo saya menuruti semua kemauan pembantu apa bukan penjajahan namanya. Padahal kan penjajahan harus dihapuskan!
Pada hari Hnya, saya berikan pembantu gaji, THR dan pesangon. Saya bilang, saya gak mampu bayar lebih, kalo emang mau pulang, gak apa-apa. Saya akan cari yang lain.
Dan reaksinya?
Dia menangis sesenggukan dan bilang menyesal telah mengancam begitu pada mertua saya. Sebenernya bukan dia yang minta naik gaji tetapi keponakannya. Dia gak apa-apa digaji segitu.
Lho lho lho....
Saya sudah deal sama pembantu baru. Lagian kalo saya terima dia lagi, suatu hari sifatnya itu akan muncul lagi. Yah saya bilang aja, saya sudah terima yang baru.
Tak henti-hentinya dia menangis menyesal, bahkan hingga di antar sampe di depan bis.
Nasi sudah menjadi bubur..
Yang ada hanya penyesalan..
Tuhan Maha Tahu dan pasti berikan yang terbaik untuk kita :)

5 komentar:

  1. cckkk,.....ccckkkk......boleh juga sharing PRT nya...btw kapan nulisnya sih? sampek sepanjang itu?

    BalasHapus
  2. comment di atas dari aku mba made --> ceety

    BalasHapus
  3. Hehe sekalian curhat dan sharing, mungkin berguna biar gak ngalamin kayak aku. Nulisnya gak langsung jadi itu, 2 paragraf hari ini, besoknya nambah, kadang sampe seminggu :D

    BalasHapus
  4. kenapa kita tidak belajar orang luar ya...hidup mandiri tanpa PRT, indah lho....

    Purwati

    http://purwatiwidiastuti-wordpress.com
    http://purwati-ningyogya.blogspot.com
    http://purwatining.multiply.com

    BalasHapus
  5. wah pengen banget bu, hidup tanpa PRT, tapi apa daya saya harus bekerja untuk menunjang perekonomian keluarga. Saya lagi merintis untuk menjadi Work At Home Mother :)

    BalasHapus