Begini ya rasanya...

Begini ya rasanya?
Punya banyak teman dengan berbagai karakter. Sungguh kesempatan yang harus aku manfaatkan baik-baik untuk mengasah keterampilan diri dan keterampilan perasaan.
Aku seorang yang introvert tapi serasa disayang sama Tuhan karena selalu dipertemukan dengan orang yang karakternya berbeda jauh denganku tetapi mereka menjadi bagian dari hidupku.
Sahabat baikku ketika SMP seorang sanguin, jadi aku berusaha memahami karakternya. Sahabat baikku ketika SMA seorang sanguin dan plegmatis, aku juga sangat mengerti sifat mereka, karena pada dasarnya aku ingin menyenangkan orang2 di sekitar.
Ex pacar seorang koleris-sanguin, aku juga akhirnya memahami betul sifatnya itu. Putus pacaran bukan berarti kami tidak cocok dalam sifat, ada masalah lain yg lebih prinsip.
Kuliah di ITB, jauh dari rumah, ketemu temen2 dari berbagai budaya, bersahabat baik dengan orang koleris melankolis dan berhadapan dengan dosen dg berbagai tipe, membuatku harus mengasah kesabaran. Tak jarang aku harus terluka untuk bisa menyenangkan mereka. Salahku...Tapi di sisi lain aku bahagia melihat orang lain bahagia.
Bekerja di tempat baru, pertama kali bekerja, bertemu lagi dengan karakter yg berbeda. Hemm...lagi2 aku harus beradaptasi dan menyusun perasaan dengan baik agar aku nyaman dan yang lain juga nyaman.
Pindah kerja ke tempat kedua dengan alasan menikah dan berbarengan dengan menikah membuat berat badanku turun 3kg :)Adaptasi di tempat kerja dan adaptasi di lingkungan keluarga suami...
Sungguh banyak yang bisa kupelajari...Aku bersyukur. Memang tidak mulus, kadang ada juga perasaan terluka dan air mata ikut memperkeruh suasana hati. Tapi aku yakin, akan ada hikmahnya.
Mulai terjun ke dunia marketing, apalagi yg namanya MLM membuatku tambah kebal, bukan bebal :p. Banyak yang memandang sebelah mata, tak jarang yang mencibir dan ada juga yang mengacung bendera perang ANTI MLM. Aahh ini hanya soal pilihan hidup dan pekerjaan. Orang boleh tidak suka, tapi aku ingin menjalaninya sampai pada titik dimana aku sudah tidak bisa berjalan.
Aku menemukan banyak keunikan disini. Kalau di sekolah, pekerjaan dan keluarga, kita hanya perlu beberapa waktu untuk bisa beradaptasi, setelah itu terasa nyaman [comfort zone], maka di bisnis ini aku bertemu dengan orang yang berbeda setiap hari. Uniknya lagi adalah aku bertemu mereka secara online. Melihat karakterku yang melankolis plegmatis ini rasanya sulit kalau harus merayu prospek secara offline. Makanya aku sangat terbantu sekali dengan dbc-network.
Aku menghubungi mereka via email, facebook, friendster, dan chat. Mereka dari berbagai kalangan dengan sifat yang berbeda2. Ada yang manja, ada yang mandiri, ada yang rewel, ada yang pendiam, dsb. Ada pegawai swasta, ada ibu rumah tangga, ada remaja, ada juga guru.
Hemm sungguh menyenangkan....
Pekerjaan yang unik....
Yang jelas harus sabar.
Aku tidak merekrut mereka untuk aku tinggalkan.
Aku merekrut mereka untuk berjuang bersama.
Menuju ke target masing2 [menjadi Work At Home Mother, mencari penghasilan tambahan, bantu suami, bantu orang tua, user doang, dll].
Inti dari semuanya adalah setiap manusia itu unik, punya karakter unik dan punya tipe cara belajar yang berbeda2. Aku berusaha keras untuk bisa memahami dan menghargai itu. Dan yang jelas aku banyak belajar dari mereka untuk menjadi lebih baik lagi. Terimakasih sudah mempertemukanku dengan semuanya ini, si sanguin, si koleris, si melankolis, dan si plegmatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar