Ke Kebun Binatang

Hari Kamis, 10 Desember 2009 ada jadwal ke kebun binatang surabaya dari sekolah Dede. Bingung juga mau antar atau tidak. Apa suruh si Mbak saja. Tapi aku pikir-pikir kasian juga, nanti yang antar teman-temannya ayah-bunda masing-masing sedangkan Dede diantar Mbak. Aku berpikir untuk cuti saja. Tetapi fyuhh kok di kantor ditunjuk jadi lead auditor? Audit hari rabu dan closing meeting hari kamis pagi.. Gimana caranya ya. Atas saran seorang teman, aku diminta menyelesaikan laporan hasil temuan pada hari rabu, lembur aja dan besoknya dibacakan oleh anggota team pada saat closing meeting. Wah good idea tuh..
Akhirnya Kamis kami berangkat sama-sama dari sekolah ke kebun binatang. Diminta kumpul jam 7 pagi tetapi biasalah.. pada molor. Ada yang anaknya ndak mau bangun pagi, ada yang rewel, dll. Untungnya Dede baik-baik saja karena dia biasa bangun pagi. Jam 7 tepat kami sudah sampai di sekolah.
Bener saja, banyak yg diantar ayah-bundanya, hanya sedikit yang diantar mbak pengasuh. Dan rata2 Ayah-bundanya juga cuti atau ijin setengah hari supaya bisa mengantar anaknya.
Dalam perjalanan, kami semobil dengan Ibu guru. Kebetulan deh. Jadi bisa tanya perkembangan Dede. Mereka bilang kemampuan kognitif Dede diatas rata2. Temen-temennya baru diajarin huruf dan berhitung 1-10 sedangkan Dede sudah bisa baca dan berhitung. Jika dikasih permaian puzzle, yang lain masih bingung sedangkan Dede sudah menyelesaikannya dengan baik. Tapi....... kemampuan sosialnya jelek. Dia tidak mau bergaul dengan teman. Hemm bukannya tidak mau bergaul, tapi diam seribu bahasa kalo udah sampai di sekolah. Dia hanya menjawab jika ditanya dan mulai cerewet jika sudah dipancing sama bu guru. Beda dengan di rumah yang cerewetnya minta ampun. Dia juga suka bagi-bagi makanan dan permen kepada teman-teman satu meja pada saat istirahat makan.
Kemudian aku tanya kepada Ibu guru bagaimana mengatasi hal tersebut.
Beliau bilang kita harus memberikan motivasi terus menerus dan memberikan pengertian bahwa di sekolah itu semua teman dan guru juga baik. Karenaaa aku cerita bahwa jika di rumah, ada anak sebaya dia yang main ke rumah, meskipun belum kenal, dia akan ajak main. Beda dg di sekolah, padahal kan sudah kenal sama temennya 5 bulan lebih, tapi dia masih diam.
Kata gurunya sih kita tunggu aja perkembangan selanjutnya karena ada juga tipe anak yang adaptasinya sangat lama.
Sampai di kebun binatang...beneran deh...kalo ada Ibunya dede pasti nempel kayak perangko. Padahal kalo sama mbaknya, dia mau berkumpul sama temen-temennya.
Akhirnya kemana2 gandengan tangan. Daaaannn gara-gara dia punya buku Carnivora dan dia sudah membaca semuanya, jadilah dia berpikir bahwa Carnivora adalah binatang yang jahat karena makan daging. Tiap kali lewat Carnivora duhh pegangan tangannya makin erat, hehehe. Padahal udah dibujuk-bujuk tuh. Dia juga tidak sebanyak di rumah ngomongnya. Stress mungkin banyak orang.
Melihat anak-anak playgroup dan TK duhhh ngegemesin banget. Kayaknya semua anak lucu-lucu banget :)
Sesampai di rumah, Dede bercerita dengan lancar tentang semua hal yang dikerjakan di bonbin kepada Bapaknya dan si mbak. Wah ternyata menyimak juga dia ya, padahal aku pikir dia diam dan cuek saja :)
Nanti perlu kami ulang lagi pergi ke BonBin. Mengenal binatang sambil bermain :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar