Tiga Prinsip Agar Sukses Bekerja dari Rumah

Artikel dibawah ini sangat cocok untuk saya yang memutuskan bekerja di rumah :)
Mungkin temen2 ada juga yang membutuhkannya?
Yuuk dibaca

Perkembangan teknologi membuat banyak orang bisa bekerja di mana saja dan tidak harus selalu berada di kantor. Bahkan meeting pun bisa dilakukan melalui video conference di internet. Teknologi memang cukup memanjakan para ibu bekerja, terutama bagi yang ingin selalu mendampingi anak-anaknya.

Jika jenis pekerjaan Anda memungkinkan untuk bekerja dari rumah tak ada salahnya dicoba dipraktekkan tanpa perlu ke kantor. Anda tidak perlu keluar biaya transportasi, dan waktu bisa Anda atur dengan lebih fleksibel. Tetapi ada beberapa prinsip yang harus dipegang saat Anda memutuskan bekerja dari rumah. Tentunya agar pekerjaan bisa selesai dengan baik dan tepat waktu.

- Komitmen

Siapa bilang bekerja di rumah lebih mudah dibandingkan di kantor? Bekerja di rumah sama halnya seperti bekerja di kantor, bahkan lebih membutuhkan disiplin diri yang lebih tinggi.

Konsentrasi bekerja akan sangat mudah terganggu karena urusan rumah dan anak-anak. Untuk itu, Anda harus memikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk bekerja dari rumah. Jika Anda termasuk orang yang sulit konsentasi dan mengatur waktu, lebih baik jangan memilih untuk bekerja di rumah. Jika dipaksakan hanya akan membuat pekerjaan berantakan.

- Kondisikan sudut kantor dalam rumah
Jika rumah Anda tidak memungkinkan untuk dibuat ruangan kantor, kondisikan saja sudut rumah untuk menjadi kantor mini. Buatlah suasana yang nyaman dan membuat Anda betah bekerja. Pastikan juga kursi dan meja dalam posisi yang tepat agar posisi duduk Anda benar dan merasa nyaman. Kelengkapan peralatan elektronik juga hal yang harus diperhatikan.

Letakkan lukisan atau benda seni lain di sekitar meja kerja dalam rumah juga bisa dilakukan untuk membuat suasana menjadi lebih hangat.

- Buat jadwal
Bekerja dari rumah membutuhkan disiplin yang tinggi, untuk itu buatlah jadwal yang terstruktur. Jadwal akan membuat pekerjaan dan kegiatan yang Anda lakukan menjadi
lebih teratur.

"Jadwal akan membantu seseorang lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. saya merekomendasikan prinsip 20-20-20 pada jadwal," kata Alan Hedge, Ph.D, kepala Human Factors and Ergonomics Laboratory di Cornell University, Amerika Serikat.

Prinsip 20-20-20 adalah bekerja selama 20 menit, lalu istirahat 20 menit, dan berjalan sebanyak 20 langkah untuk membuat pikiran lebih fokus. Jika Anda telat tidur cobalah berjalan-jalan selama 15 hingga 20 menit di bawah sinar matahari pagi untuk mensinkronisasi jam biologis. Sinar matahari pagi akan memicu rangsangan pada kelenjar pineal yang memproduksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur Anda.
[http://kosmo.vivanews.com/news/read/108050-tiga_prinsip_agar_sukses_bekerja_dari_rumah]

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar