Melahirkan dengan Nyeri Minimal

Dewasa ini banyak diperbincangkan tentang melahirkan tanpa rasa nyeri menggunakan obat-obatan. Ada yang menggangap bahwa rasa nyeri merupakan rasa yang harus dilewati jika seseorang ingin menjadi ibu sejati. Saat ini banyak ditawarkan melahirkan tanpa rasa nyeri atau rasa nyeri yang minimal tetapi masih terbatas karena faktor biaya dan tenaga medis yang tersedia.

Beberapa hal dibawah ini, mungkin dapat membantu meringankan nyeri pada waktu persalinan.

Pemberian informasi pra persalinan
Menurut informasi, ibu-ibu yang akan melahirkan anak pertama merasa lebih sakit dibandingkan pada anak kedua dan seterusnya. Namun dikatakan bahwa pengetahuan calon ibu mengenai proses yang akan dialaminya, bisa lebih mengurangi rasa takut. Akibatnya rasa nyeri yang dialami bisa lebih ditolerir. Hingga saat ini nyeri dianggap sebagai perasaan yang sangat subjektif, belum ada parameter yang bisa digunakan untuk mengklasifikasi rasa nyeri. Perasaan nyeri banyak tergantung pemahaman dari yang mengalaminya. Untuk meringankan 'penderitaan' calon ibu, banyak rumah sakit yang sudah mengadakan kursus pra persalinan. Dalam kursus itu diinformasikan segala hal yang akan dialami calon ibu, termasuk berkenalan dengan para bidan dan dokter yang akan menanganinya.

Pengaturan Nafas
Untuk mengurangi rasa nyeri yang akan berakibat kelelahan pada saat dibutuhkan nantinya tenaga waktu mengejan, beberapa teknik napas bisa diajarkan. Kala satu pernapasan harus sedalam mungkin dan pada kala 2 pernapasan dalam dan cepat. Proses pengaturan nafas ini biasa diajarkan pada saat mengikuti kursus senam hamil. Senam hamil adalah salah satu cara mempersiapkan fisik ibu (dan juga ayah mendampinginya) untuk melahirkan. Metode yang diajarkan misalnya metode Dick-Read, Fernand Lamaze, Bradley, LeBoyer dll.

Hipnosis
Cara lain yang pernah diterapkan adalah hipnosis. Sayangnya cara ini tidak dikembangkan lebih lanjut karena banyak kekurangannya misalnya tidak semua ibu bisa merasakan manfaatnya sehingga cara ini hanya bisa diterapkan pada beberapa ibu dengan kriteria tertentu. Prinsipnya hipnosis harus dilakukan bertahap dimulai sejak kehamilan muda, sehingga tidak dapat digunakan secara mendadak.
Mudah-mudahan cara diatas dapat membantu mengurangi rasa nyeri ibu-ibu yang akan melahirkan dan penting disadari bahwa sikap positif sangat membantu banyak untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Sumber : http://hidupsehatonline.com/melahirkan-dengan-nyeri-minimal/html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar