Senam Yoga

Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Yoga telah lama dipraktekkan di India dan sudah diadaptasi ke berbagai negara dengan berbagai variasi.

Di Indonesia sudah lama juga berkembang senam yoga, termasuk Surabaya. Cuman saya yang dulu bekerja kantoran suka banyak alasan untuk melakukan olahraga jenis apapun termasuk yoga ini. Ketika sudah resign dan bekerja di rumah ada keinginan untuk bisa melakukan olahraga minimal 1-3 kali seminggu untuk kesehatan. Tetapi ternyata kesibukan pekerjaan rumah tangga sudah menyita banyak waktu dan tenaga. Terkadang merasa bahwa pekerjaan rumah tangga mulai dari mengurus anak, masak, nyapu, ngepel, cuci, setrika, dll sudah merupakan olahraga bagi saya.
Pekerjaan saya di rumah adalah bisnis online Oriflame, sehingga saya harus duduk di depan komputer selama beberapa jam. Kebiasaan ini ternyata membuat punggung jadi pegal pada malam hari. Biasanya dengan beristirahat merebahkan badan besok paginya bisa beraktivitas normal, tetapi belakangan malah semakin sering sakit dan pegalnya, terasa mengganggu.

Baru sadar deh kalau kurang gerak tubuh olahraga, tidak cukup dengan pekerjaan rumah tangga saja. Mulai deh memasukkan jadwal olahraga setiap hari. Tetapi jika berolahraga di rumah banyak sekali gangguannya. Suara telepon, HP, notifikasi dari komputer yang butuh di follow up, anak-anak, dsb.

Akhirnya minta saran teman untuk ikutan senam aerobik di dekat rumah. Memang harus memaksakan diri keluar rumah untuk bisa fikus olahraga. Teman menyarankan untuk ikut senam yoga jika keluhannya sakit punggung.
Yogaa??? Bayangan saya yoga itu adalah olah nafas dan gerakan tubuh yang super lentur yang rasanya tidak mungkin saya lakukan. Tapi lihat di internet kok banyak yang ikutan, berarti gak butuh lentur-lentur banget kalau untuk awal-awal.
Akhirnya saya coba ikutan kelas pemula. Tak lupa saya info kepada instrukturnya bahwa saya belum pernah ikut yoga dan sudah bertahun-tahun tidak pernah gerak badan olahraga senam, maksudnya biar dia juga ngajarnya pelan :)
Owww ternyata tidak sesulit bayangan. Bisa saya ikuti walau badan terasa kaku semua. Meluruskan kaki saja susah, kebanyakan gerakan dengan bantuan tali/handuk. Setelah senam yoga yang pertama 4 hari badan saya sakit semua, njarem (kaku, sakit, susah gerak). Tekad sudah bulat untuk sehat dan gak sakit punggung lagi, saya latihan lagi. 4 kali latihan badan mulai lentur dan gak sesakit pas awal-awal latihan. Keluhan di punggung juga sudah mulai berkurang. Tetapi ada penyakit baru yang muncul selama adaptasi yaitu capek luar biasa setelah yoga dan sakit kepala kurang lebih selama 6 kali latihan. Setelah itu badan mulai adaptasi dan saya mulai bisa menikmatinya.

Selain untuk keluhan sakit punggung saya, manfaat yoga antara lain:
1. Sarana relaksasi sehingga mengurangi kecemasan dan stres, menjadikan mood lebih stabil
2. Gerakan-gerakan yoga dilakukan dengan meregangkan otot-otot, sehingga memudahkan pelakunya bergerak lebih lentur dan tidak mudah merasa lelah.
3. Yoga dapat membantu pelakunya untuk mengelola faktor risiko yang disebabkan penyakit kronis, seperti nyeri punggung, sakit jantung, dan tekanan darah tinggi.
4. Meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh.
5. Yoga menguatkan bagian bawah tubuh, seperti kaki dan lutut, sehingga membuat keseimbangan berkembang dan mengurangi risiko jatuh.
6. Menurunkan berat badan.
7. Dan beberapa manfaat lain terkait dengan kesehatan dan bentuk tubuh.

Yoga dapat juga dilakukan di rumah jika sedang berhalangan ke tempat senam. Tetapi ya balik lagi, banyak gangguan kalau di rumah. Si adik juga senang kalau diajak senam yoga :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar