Tabungan Berjangka Online, Disiplin Nabung dengan Kemudahan Online


Semangat pagiii... hari ini saya mau sharing tentang tabungan berjangka online. Mungkin sudah pada tahu ya tentang tabungan berjangka? 
Tabungan berjangka adalah jenis tabungan dimana kita wajib menabung setiap bulan dalam jangka waktu yang diinginkan. Biasanya tabungan ini dibuat untuk tujuan tertentu dan membuat kita disiplin menabung setiap bulan.
Sejak masih kerja kantoran hingga sekarangpun saya tipe yang males keluar rumah, jadi pas kerja ya ke kantor dan pulang, ga pernah mampir-mampir dulu kecuali belanja mendesak dan kebetulan tempat berhenti bis kantor pas di depan supermarket.
Waktu ngantor, karyawan wajib punya rekening BCA untuk transfer gaji. Saya mulai mencari info kemudahan online apa yang bisa saya peroleh. Yaaak bisa bayar tagihan rumah tangga seperti listrik dan telepon. Lumayan banget mengurangi antri bayar.
Kemudian ketika sudah resign dan menjalankan bisnis oriflame, kebetulan pembayaran Oriflame online dapat dilakukan dengan internet banking mandiri, jadilah saya buka rekening mandiri dan mulaiii utak atik isinya. Beruntung banget saya memperoleh training mengatur keuangan dari leader saya sehingga banyak membantu saya untuk lebih banyak belajar.
Untuk pembayaran jangka waktu tertentu seperti samsat, asuransi, bengkel, perawatan rumah, liburan, dll saya biasanya menyisihkan di tabungan dengan catatan : yg di rek BCA saldo terendah adalah sekian sehingga nanti cukup untuk bayar-bayar keperluan tersebut. 
Dan kemudian kenalan dengan tabungan berjangka online. Sudah ada niatan buka tabungan berjangka tapi males banget ke bank :D, pas kerja alasannya ga bisa cuti, pas udah resign alasannya anak-anak ga ada yang jaga :D
Jadi mulai deh coba buka tabungan berjangka online di Mandiri. Caranya sebagai berikut:

1. Login ke ib Mandiri dan pilih Pembukaan Rekening Mandiri Tabungan Rencana


2. Pilihan setoran per bulan paling rendah adalah Rp100.000,-. Tujuan pembukaan rekening bisa kita pilih juga.
3. Silakan pilih berapa tahun kita akan menabung.  Misalnya untuk persiapan tambahan anak sekolah, liburan, membeli sesuatu, dll.
4. Tuliskan penerima manfaat dari tabungan tersebut, kemudian klik LANJUTKAN













 5. Akan muncul permintaan untuk mengisi kode
token. Selesai deh. Dan tiap bulan di tanggal yang sama dengan kita membuka rekening tersebut, dana sebesar yang kita tabungkan akan didebet dari rekening utama kita. Jika saat pendebetan tidak ada dana maka akan diadakan pendebetan ulang. 





 6. Nah ini contoh pendebetan tabungan berjangka, setiap tanggal 1 sebesar yang kita tabungkan. Jka sudah jatuh tempo, tabungan berjangka otomatis ditransfer ke rekening asal/utama








Selain bank Mandiri, di bank BCA juga saya lihat sudah ada fitur tabungan berjangka online ini, hanya saja jumlahnya lebih besar yaitu minimal Rp500.000,-, sedangkan bank lain saya kurang tahu infonya.
Pilihan menabung "dipaksa" (didebet) tidak hanya bisa dilakukan di tabungan berjangka saja melainkan ada pilihan reksadana. Untuk reksadana kita bisa mencairkannya kapan saja kita butuhkan tanpa menunggu jatuh tempo. Ingat yaah hanya dicairkan hanya keadaan mendesak saja, ntar ga jadi nabung deh :D

Selamat menabung, mohon maaf jika sharingnya ada yang kurang tepat, itu hanya berdasarkan pengalaman saya selama ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar