Menyapih [lanjutan]

Baru sempet tulis-tulis nih.
Ceritanya orang pabrik pada mau libur panjang pas libur natal nanti. Berhubung banyak yang kejepit, bakalan banyak yang cuti nih.
Terus ada inisiatif untuk masuk kerja sabtu sebagai pengganti hari kerja nanti. Eh udah masuk sabtu, tiba2 ada berita pemadaman listrik pabrik pada hari jumat. Jadilah hari jumat libur dan masuk hari Minggu.
Huahua... jadilah minggu ini aku 7hari kerja. Hari Sabtu sampe Jumat. Badan rasanya pegel banget. Tapi PBS [ada dipostingan tentang Pikiran Bawah Sadar] harus diajak kompromi tuh. Tiap hari bilang SEMANGAT. Biar kebawa semangat maksudnya, hehe.
Kelanjutan dari menyapih ternyata berjalan baik.
Setelah hari kelima menyapih dia sudah tidak pernah minta ASI lagi, cuman ya jadi kebawa-bawa tuh tiap kali dia minum susu dia bakalan pamer aku sama bapaknya dan bilang :
"Dede udah besar bu, gak usah mimik ibu. Mimik susu Moo aja. Dede mau sekolah".
Hehe dah masuk PBS tuh...
Akibat positif yang lain adalah :
Pertama, dia makin banyak mimik susu dan makan. Kalo dulu, sabtu minggu pas aku ada di rumah dia pasti mogok makan. Mimik ASI terus-terusan. Makan harus dibujuk2, itupun nunggu dia laper dulu dan ASIku habis. Sekarang malah sering minta makan.
Yang kedua, dia jadi tidur lebih pulas. Biasanya dia sangat tergantung dengan ASI. Bangun dikit minta ASI. Aku bangun pagi, dia akhirnya bangun juga dan nangis karena gak ada ASI. Bangun malam, gak bisa cuman dipeluk or ditepuk2 pantat doank. Harus ASI. Kalo sekarang dia tidur pulas dan kalo bangun cuman liat ada orang gak disampingnya dan biasanya bobo lagi.
Efek samping yang lain adalah pada ibunya. Yaitu pembengkakan payudara. Kata para orang tua proses itu hanya 2-3 hari dan back to normal again. Wah ternyata yang terjadi padaku 8hari. Pas dulu pernah keguguran, ASIku juga keluar banyak pas abis dikuret trus dikasih obat [lupa namanya], kata dokter bisa menghentikan keluarnya ASI. Kemarin aku pikir2, daripada menjejali lambungku dan merusak hatiku dengan obat, mending kutahan aja sakitnya sedikit. Dan ternyata Dari hari ke-5 sampai hari ke-8 sakitnya makin berkurang dan akhirnya normal kembali.
Ternyata menyapih susah-susah gampang ya.
Ceritanya bermacam-macam dan Ibu harus banyak trikdan sigap melihat segala kondisi yang memungkinkan untuk penyapihan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar