Gemar Membaca

Bagaimanakah cara mengajar membaca dengan baik? Wah saya sendiri tidak tahu. Tapi berusaha mencari tahu dan tetap pada kesimpulan tidak terlalu tau. Tapi akhirnya praktek langsung sama suami.

Awalnya sih tidak mau mengajarkan dengan cara memaksa atau sejenisnya tapi berhubung di sekitarnya banyak buku-buku, ya buka saya, ya buku suami. Akhirnya dia mulai bertanya huruf-huruf di usia 2.5 thn. Awalnya dia tertarik dengan huruf besar berwarna dan bertanya : "ini apa"
Ya dijawab huruf A-Z, sesuai yg dia tanya.
Dan itu sering terjadi

Suatu hari dia bertanya lagi,
"Ini B ya?"
"ini Z ya?
Tapi tentu saja lafalnya banyak yang salah karena dia masih cadel banget. Tapi kami mengerti maksudnya dan tidak meralatnya sama sekali. Dibiarkan saja, yang penting kami, orang tuanya, mengerti.
Dan dia hanya mau membaca huruf kapital :&*#@$??

Kemudian bapaknya mulai nge-print A-Z dan ditempel di tembok. Yah mulailah dia mengenali dan membacanya.

Kemudian saya mendapatkan informasi tentang metoda Glen Domann. Ditawarin modul dsb-nya tapi harganya kok mahal banget ya? Trus katanya tidak boleh mengajarkan huruf-huruf, lebih baik langsung kata. Tapi kok ya dibilang telat udah telat banget ya? Ya sudah akhirnya berjalan normal dan alami aja deh dan saya tidak membelikannya paket glenn doman.

Keingintahuannya merambah ke komputer. Dia sudah mengamati cara turn on komputer dan dia bisa sendiri. Akhirnya didudukanlah dia di depan komputer. Dimulai dengan mengetik huruf2 di notepad. Awalnya dia tidak sabaran untuk menemukan urutan abjad pada keyboard, tapi akhirnya hapal juga :)
Kemudian dia mulai painting. Amburadul banget.. tapi biarlah :)
Kemudian kekacauan mulai terjadi
Dia mulai membuka file2, memindah file sembarangan dan bahkan men-delete file2. Kalo document gampanglah.. bisa diambil di recycle bin, nah yg gawat adalah dia pernah men-delete program. Jadilah komputernya tewas :(
Bapaknya install ulang dan tidak kapok sampe disitu, mulai mahirlah dia bermain game. Buanyak banget game-nya.
Dalam setiap game tentu banyak tulisan instruksi dan setiap kita mengajarinya untuk step berikutnya kami akan membaca tulisan yang harus diklik dan meng-kliknya. Ternyata dia mulai menghapal tulisan tersebut. Dan bisa bermain sendiri daannn trouble again.. susah berhenti!!! Sampe saya harus berpesan pada pengasuhnya untuk mencabut saja kabel power listriknya supaya dia berhenti bermain. Dibilang komputer rusak dan mau istirahat, sama seperti dede dan mata dede yang butuh istirahat.
Lalu aku iseng membelikannya majalah2 dan ternyata dia suka banget. Melihat gambar, diceritain, dll. Yang paling dia suka adalah majalah Playhouse disney. TIap bulan harus hunting karena agak susah carinya. Selain itu ada buku Camile dan teman-teman dan koko si ayam jago yang menjadi buku wajib baca sebelum tidur. Buku lain adalah 365 Bed Time Stories dari disney. Untuk buku ini dia kurang terlalu suka karena tidak ada gambarnya. Selalu minta dibacain tapi sebelum tamat dia udah minta pindah halaman. Ternyata dia senang membukakan halamannya untukku sambil menyebutkan no halamannya :)
Sampai sekarang, setiap hari dia pasti ada waktu untuk membaca. Ya baru bangun, setelah bosan main robot atau mobil-mobilan dan yang pasti sebelum tidur.
Mudah-mudahan dia menjadi anak yang gemar membaca karena buku/bacaan adalah jendela dunia :)

2 komentar:

  1. hehehhehe teruskan usahamu bunda!
    belajar itu kan an unconscious process, dede ud di jalur yg benar!! :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih komentar dan dukungan pak/bu "anonim", mudah2an saya tidak salah langkah.

    BalasHapus