Aku Ingin Menjadi Pilot

Pilot adalah sebutan untuk orang yang mengemudikan pesawat terbang. Sebagai sebuah profesi yang menuntut keahlian/skill dalam mengemudikan sebuah pesawat, seorang pilot harus menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan. Jika dinyatakan lulus dalam ujian, seorang pilot akan mendapat sertifikat terbang, yaitu suatu surat pengakuan kemampuan sang pilot untuk menerbangkan pesawat dengan tipe/ukuran tertentu.
Keahlian seorang pilot dalam menerbangkan pesawat komersial merupakan dasar utama yang menentukan kualitas seorang pilot. Faktor-faktor pendukung keahlian seorang pilot selain surat sertifikasi adalah jumlah jam terbang yang dimiliki. Keselamatan pesawat dalam suatu penerbangan adalah tanggung jawab seorang pilot, sedang keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan adalah tanggung jawab awak kabin.
Berdasarkan jenisnya, pilot terbagi menjadi:
a. Pilot pesawat penumpang sipil
Di dalam sebuah penerbangan komersial, pilot dan ko-pilot bertugas mengemudikan pesawat sementara pramugari dan pramugara bertugas untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang dalam penerbangan. Pilot, ko-pilot dan pramugari/pramugara adalah awak pesawat. Pembicaraan yang dilakukan pilot, ko-pilot dengan petugas menara kontrol lalu lintas dari dan ke sebuah bandar udara akan direkam oleh kotak hitam.
b. Pilot Pesawat Militer
Untuk pesawat tempur/militer dikemudikan oleh militer yang dimana kemampuan/keahlian yang dimiliki diperoleh dari pendidikan angkatan udara. Pesawat militer memiliki berbagai macam type seperti F16, Sukhoy, Hercules dan lain sebagainya.
c. Pilot Pesawat Angkut/Cargo/Barang
Pada pilot pesawat ini bertugas mengangkut barang atau komoditi lainnya. Pesawat cargo mempunyai pintu lebih besar daripada pesawat penumpang dan lantai pesawat yang lebih rendah.
Selain jenis pilot diatas ada yang dimaksud dengan pilot otomatis. Pilot otomatis [autopilot] adalah sistem mekanikal, elektrikal atau hidrolik yang memandu sebuah kendaraan tanpa campur tangan dari manusia. Umumnya pilot otomatis dihubungkan dengan pesawat, tetapi pilot otomatis juga digunakan di kapal dengan istilah yang sama.
Dalam masa-masa awal transportasi udara, pesawat udara membutuhkan perhatian terus menerus dari seorang pilot agar dapat terbang dengan aman. Hal ini membutuhkan perhatian yang sangat tinggi dari awak pesawat. Sistem pilot otomatis diciptakan untuk menjalankan beberapa tugas dari pilot yang berfungsi untuk dapat menerbangkan pesawat secara lurus dan rata menurut arah kompas tanpa campur tangan pilot. Sistem ini memiliki tingkat terkecil karena kontrolnya yang tidak rumit.
Buletin Ceria Dunia Anak Maret 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar