Jangan Malas Mikir

"Kebanyakan dari kita tidak mau berusaha berpikir sedikit lebih keras karena malas. Malas mikir...
Jika hal ini dibudayakan maka akan muncul generasi yang punya pikiran tetapi tidak dipakai, dan ini berbahaya.
Hal ini muncul dari kebiasaan orang tua yang mengambil keputusan untuk anaknya dengan alasan agar cepat dan tidak kelamaan.
Jika sudah besar si anak melakukan sesuatu tanpa berpikir, apakah orang tua marah?
Jika sudah berkeluarga si anak sangat nurut sama keputusan pasangan karena tidak terbiasa berpikir, bagaimana perasaan orang tua?
Cara terbaik dan mudah menjadi dewasa adalah dengan berhenti bergaul dengan mereka yang kekanak-kanakan"
#belajar dari buku Juara Kehidupan-Timothy Wibowo

Suka baca buku Juara Kehidupan karena berdasarkan pengalaman dan beberapa memang pernah saya alami sendiri dan juga mendengarkan curhat beberapa orang tua atau teman.
Hal ini saya alami ketika saya masih bekerja kantoran dan sekarang setelah resign pun kadang-kadang masih saya lakukan dengan alasan biar cepat. Dulu pas ngantor, karena waktu terbatas, saya selalu menyiapkan segala kebutuhan anak pada malam hari sehingga di pagi - sore hari si anak melakukan kegiatan yang sudah ditentukan dan menggunakan pakaian yang sudah disiapkan. Hasilnya menakjubkan dalam artian menyedihkan....ketika saya resign dan tanpa ART dan ingin anak-anak mandiri, si kakak yang biasa saya layani karena saya tinggal kerja malah tidak bisa menentukan baju apa yang akan dia gunakan, makan hanya kalau disuguhkan dan hal-hal kecil lainnya. Sedangkan si adik yang saya asuh sendiri sejak dilahirkan terlihat lebih mandiri dalam memutuskan maupun beritndak. Beruntung si kakak baru kelas 3 SD waktu itu, jadi saya mulai latih pelan-pelan untuk bisa mandiri, jangan takut salah dan harus berani bertanggung jawab.
Semoga menjadi anak-anak yang mandiri dan bertanggung jawab kelak yaa... berpikir sebelum bertindak :)

1 komentar:

  1. Pikiran mempengaruhi sebagiab besar hidup kita bahkan perasaan yang kita munculkan dapat ditentukan melalui pikiran.

    Banyak informasi yang bertebaran disekitar kita membuat kita malas untuk berpikir.

    Seperti membaca status di media sosial,

    Sebaiknya berpikir sebelum memperoleh informasi, dan mengembangkannya menjadi ide atau digunakan sebagai pendukung ide.

    BalasHapus