Belajar Membaca

Belajar membaca bersama adik itu butuh kesabaran banget. Karena ini pengalaman pertama kali mengajari membaca. Sebelumnya si kakak rasanya bisa membaca secara otomatis karena sering dibacain dan memang anaknya senang dengan tulisan, berbeda dengan si adik yang senang gambar :D

Jamannya kakak play group, usia 3.5 tahun dia sudah bisa membaca sendiri tanpa mengeja. Kaget juga tapi pastinya menyenangkan karena kebetulan waktu itu saya bekerja kantoran. Pulang kerja, setelah memasak dan mandi biasanya saya langsung masuk kamar bersama kakak, berdua aja dan mulai membaca yang dia sukai. Satu cerita bisa diulang berkali-kali jika dia suka. Dan setiap huruf besar dia tanya : ini apa? ini huruf apa?
Setiap membaca saya sering menunjuk kata yang saya baca. Lambat laun mungkin si kakak memperhatikan dan suatu hari membaca suatu kata dengan terbata-bata. Aaah senangnya. Anak 3.5 tahun sudah baca sendiri :)
Dan selanjutnya lancar membaca dan sering minta dibelikan buku.

Naah sekarang adiknya sudah mau 4 tahun bulan depan :).
Saya sudah bekerja di rumah dan seharunya lebih sering saya bacain. Tetapiiii.....dia suka gambar :). Setiap saya bacain mesti liatnya bagian gambar dan mengomentari gambarnya sambil mengarang cerita sendiri. Tulisan yang saya tunjuk gak dilihat hahahaha...
Tetapi untuk kata yang dia sering baca sih sudah mulai hapal :)
Apalagi sejak sekolah, waaah keinginan belajarnya makin meningkat. Padalah dulu sebelum sekolah sukanya berkreasi sendiri dan tidak mau mewarnai dengan baik.

Memang sifat dan kemampuan anak berbeda-beda, kita sebagai orang tua membantu explore kelebihannya untuk bisa ditingkatkan dan mengasah kemampuannya yang lain.

Semoga bisa membimbing anak-anak dengan baik mengingat pelajaran anak-anak sekarang rasanya makin berat dan menantang

*Seneng banget bisa menemani mereka di rumah :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar