Belajar Senam Yoga di Usia 52 Tahun

Senam Yoga memang sedang booming sekarang. Banyak bermunculan sanggar yoga.
Walaupun saya orang Bali, saya kurang mengenal juga tentang senam yoga ini karena biasanya kalau dalam pelajaran, Yoga dilakukan dengan doa-doa kemudian gerakan tubuh lentur dan olah nafas. Jadi sudah kepikiran saya tidak bisa kalau urusan kelenturan tubuh :)
Sampai kemudian saya mengalami nyeri punggung setiap malam yang membuat tidak nyaman. Jadi mulai sore dipunggung dan pundak saya sudah ditempel beberapa koyo supaya hangat/panas/serasa dipijat.
Ya wajaaar penyakit ini muncul karena saya tidak pernah berolahraga. Kemudian disarankan untuk mengikuti senam yoga. Awalnya khawatir juga tidak bisa mengikuti gerakannya tetapi disarankan untuk bergerak senyamannya, jangan meniru orang lain yang sudah mahir, nanti malah sakit sendiri.
Dan sebulan kemudian keluhan nyeri punggung reda.
Jadilah saya rajin senam yoga, diusahakan setiap hari jika tidak ada halangan :D

Nah kebetulan setiap berangkat yoga ketemu sama Ibu tetangga pensiunan pekerja kantoran. Beliau juga ingin berolahraga untuk menyehatkan badan dan mengisi waktu juga setelah pensiun. Beliau ingin ikutan yoga. Ya saya ajaklah ke tempat saya biasa yoga.
Waaah...badannya terasa kaku semua katanya, selain karena memang jarang gerak, juga usia sangat berpengaruh. Kasian juga liatnya...untungnya si ibu semangat banget. Jadi berjuang keras untuk bisa mengikuti gerakannya. Saya aja yang gabung di usia 37 tahun terasa cukup kaku dan semua gerakan dibantu dengan tali/handuk hingga sebulan lamanya, apalagi si ibu di usia 62 tahun yaa.
Tapi tidak ada kata terlambat untuk gerak badan, yang penting jangan memaksakan diri karena nanti bisa cedera tulang atau lainnya.

Ayooo yang belum mulai olahraga, mariii segerakan. Jangan seperti saya dulu, merasa bahwa pekerjaan rumah sudah berolahraga padahal beda ya kardio dan yoga dengan nyuci-setrika-sapu-pel yang juga sama sama mengeluarkan keringat :)

Sehat itu mahal...
Jaga kesehatan dengan pola makan, pola hidup yang baik serta rutin berolahraga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar