Remaja Berbohong

Saya belum punya anak remaja tapi boleh ya membuat judul cerita ini dari hasil browsing :)
Saya sendiri kan pernah remaja dan sebisa mungkin saya ga berbohong kepada orang tua, takut dosa alasan saya. Pernah suatu hari saya dikira berbohong karena keluar rumah terlalu lama. Murka dong saya hehehe. Langsung deh keluar catatan kegiatan saya (biasaa... si melankolis beraksi). Saya tulis semua kegiatan saya hari itu beserta waktu kegiatan pluusss bersama siapa saja saya melakukan kegiatan itu, siapa tau mau ditanyakan kesaksiannya (hyaaa.. kesaksian, kayak sidang aja).
Wajar sih orang tua khawatir, cuman yang namanya masih remaja kadang ga mikir kekhawatiran orang tua, apalagi jaman itu ga ada HP buat lapor lapor sedang ngapain dan dimana :)

Nah kalau cerita saya ini kebetulan pengalaman pribadi. Jadi pengen tau aja beberapa penyebabnya sebagai antisipasi nanti saat anak-anak saya remaja.

Dari website pendidikankarakter.com saya membaca 9 alasan anak berbohong:
1. Takut dihukum
2. Ingin diperhatikan dan dipuji
3. Keinginan mendapatkan pengakuan
4. Tuntutan orangtua yang terlalu tinggi
5. Meniru orangtua atau tayangan televisi
6. Menutupi kekurangan pada dirinya
7. Daya imajinasi yang sangat tinggi
8. Untuk mendapatkan keinginannya
9. Melindungi teman

Dari id.wikihow.com saya membaca cara menghadapi remaja berbohong:
1. Buat anak Anda tahu saat Anda menangkapnya berbohong.
2. Cobalah untuk mengendalikan emosi, jangan langsung memarahinya.
3. Sampaikan bahwa kebohongannya telah menyakiti perasaan Anda dan mengurangi rasa percaya Anda kepadanya.
4. Bantu anak-anak untuk lebih terbuka kepada orang tuanya dengan cara menjadi lebih dekat dan terbuka juga dengan mereka.
5. Jika sudah diberikan pengertian dan anak tetap berbohong maka tetapkan konsekuensi/hukuman jika dia berbohong.
6. Kebohongan kompulsif? Kebanyakan pembohong kompulsif mendapatkan sesuatu dari berbohong. Sering kali perilaku seperti ini didorong oleh masalah yang berkaitan dengan kepercayaan diri. Jika anak remaja Anda berbohong secara kompulsif, bahkan dalam situasi di mana tidak ada alasan untuk berbohong (tidak ada yang bisa diperoleh dan tidak ada hukuman yang harus dihindari), segera diskusikan.
7. Bahas kebohongannya terkait perilaku berbahaya seperti penggunaan narkoba dan alkohol.

Dari berbagai alasan dan cara menghadapi tersebut, saya pribadi merasa bahwa kedekatan orang tua dengan anak-anak sangat penting, dimana mereka merasa disayangi, dihargai dan diberikan kepercayaan sehingga ada atau tidak ada orang tua mereka bisa menjaga prilakunya untuk tetap sesuai dengan aturan.

2 komentar:

  1. Why people still use to read news papers when in this technological world everything is available oon web?

    BalasHapus
  2. Wow, incredible blog layout! How long have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The overall look
    of your web site is great, as well as the content!

    BalasHapus