Perlukah Les Tambahan?

Les atau tambahan pelajaran di luar jam pelajaran sekolah sudah ada sejak jaman saya sekolah SMP. SD saya di desa dan ga ada istilah les, semua belajar di rumah sepulang sekolah. Nilainya pun bersaing dengan sekolah di kota pada saat itu.
Ketika SMP teman-teman saya ada yang les dan ada yang tidak. Saya dengan alasan terlalu jauh dan merasa masih bisa belajar sendiri plus alasan ekonomi, saya belajar di rumah.
Pun ketika SMA, dimana saya sekolah semakin jauh dari rumah, ketika teman-teman saya juga sibuk les tambahan, saya kembali karena alasan rumahnya jauh di desa jadi tidak mengikuti les di tahun-tahun awal. Saya terpaksa mengikuti les tambahan ketika merasa tertinggal di kelas, karena kayaknya banyak di bahas di tempat les juga. Bersyukur nilainya baik dan bisa diterima di perguruan tinggi idaman ITB walaupun pada pilihan kedua yaitu Farmasi.

Nah itu jaman duluuuu... begitu kata anak-anak zaman now :D
Jaman sekarang les dimulai dari TK ibu-ibu, bapak-bapak. Jadi ketika si kakak bilang temennya les dan waktu itu saya masih bekerja kantoran sehingga jarang ke sekolah untuk memantau lingkungan sekolah, saya hanya mengernyitkan dahi. Les apa? Ngapain aja? Berapa jam? Bayar berapa? Ga jenuh pulang sekolah langsung les untuk anak usia 5 tahun? Udah kakak ga usah les ya, kita belajar di rumah saja.
Demikian juga ketika SD, saya tidak mengikutkan kakak les hingga kelas 6. Sempet ikut les bahasa inggris tapi kemudian berhenti dengan pertimbangan, setiap pulang les saya cek hari ini diajarin apa? mana buku catatan hari ini? Lhooo kok itu lagi itu lagi. Kata kakak bahas itu lagi karena ada temen yang kemairn ga masuk, ada temen yang belum ngerti dan alasan lain. Rugi kan tiap dateng bahas yang sama padahal kakak udah ngerti?

Sewaktu kelas 6, di sekolah ada tambahan pelajaran setelah sekolah. Di luarpun lembaga bimbel gencar promosi. Wah kayak gini ya anak SD sekarang. Saya diskusi dengan suami, perlukan ikut bimbel? Atau kita ajarin di rumah aja?
Akhirnya kami bertanya ke anaknya. Mau ikut bimbel? Seneng ga? Capek ga?
Anaknya bilang mau dan lebih suka belajar bersama teman :)

Demikian juga untuk si adik yang sekarang kelas 2, sejak TK hingga sekarang belajar di rumah tanpa les. Sewaktu TK sempat sih merengek minta les karena semua temannya les, hanya dia saja yang tidak les :D. Akhirnya saya minta bantuan bu guru untuk menjelaskan bahwa dia tidak perlu les.

Terus terus... kira-kira kapan sih si anak butuh les?
Menurut saya, les diperlukan jika anak ketinggalan pelajaran di sekolah, orang tua tidak bisa mendampingi anak belajar dan untuk tujuan tertentu, misalnya mau dapet nilai terbaik, mau sekolah di tempat tertentu yang butuh nilai baik atau tujuan lainnya.

Jika sudah les tapi anaknya ga ada kemajuan, gimana?
Nah ini yang terjadi ketika anak saya ikut les Bahasa Inggris. Ga ada tambahannya. Ya saya hentikan saja.
Alasan lain kita mengehentikan atau mempertimbangkan les antara lain anak kurang enjoy sehingga malas berangkat les. tidak ada kemajuan belajar,  jadwal sering berubah sehingga kita dipaksa terlalu fleksibel, kita sebagai orang tua tidak bisa berkonsultasi tentang kemajuan si anak.

Jadi perlukah les tambahan? Kembali ke pertimbangan orang tua, kondisi anak dan kondisi ekonomi keluarga :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar