Memberi dengan "Cinta"

Suatu hari saya pernah menonton televisi dan melihat dialog motivasi. Ada pertanyaan apakah benar tradisi take and give yang sekarang berlangsung? Jawabannya adalah budaya indonesia yang take and give tidak benar karena mengambil dulu baru kemudian memberi. Setahu saya bukankah itu hanya istilah? pada kenyataannya orang indonesia berprinsip memberi dan menerima. Ada juga orang tua yang bilang : banyak memberi banyak menerima. Intinya adalah orang tua mengajarkan memberi dan menerima, kadang ada juga memberi tanpa mengharapkan balasan.
Kalau orang tua saya bilang : “memberi dan melupakan” yang bahasa kerennya “memberi dengan ikhlas”. Tapi kadang saya bingung jika ada yang bertanya kepada saya kenapa saya memberi? Saya tidak tahu. Kadang saya merasa kasihan kadang saya tidak tahu kenapa saya memberi, hanya “ingin saja” tidak ada alasan. Entah dengan motif apapun memberi akan lebih baik daripada menerima. Memberi juga tidak harus dalam bentuk materi, bisa juga berupa kasih sayang, dukungan dsb. Mari kita sama-sama memberi yang terbaik untuk orang-orang disekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar