Pembelajaran Saat BB Overweight

Pulang ke rumah orang tua liburan bulan lalu iseng-iseng melihat-lihat foto jaman dulu. Saya baru inget kalau saya dulu SMA-kuliah gemuk banget :). Hehe lupa atau pura-pura lupa ya?

Jadi ceritanya dulu itu Ibu saya ga masalah dengan berat badan saya yang naik terus. Intinya saya harus jaga kesehatan dengan makan teratur. Kebetulan ga hobby olahraga, hobbynya yang diem-diem aja seperti baca, nonton, kerajinan tangan (kristik). Ditambah saya sering ikut lomba lomba akademik, jadi ceritanya sering begadang belajar dan pastinya orang tua saya karena ga pengen anaknya sakit, jadi menyuguhkan aneka makanan di malam hari hehe.

BB makin meningkat ketika kuliah karena kurangnya aktivitas gerak tubuh. Kebayang waktu sama ortu saya bersihkan rumah, cuci baju sekeluarga pake tangan (ga punya mesin cuci), kadang-kadang harus mandi ke sungai bawa cucian dan air jika air PDAM mati, bantuin ibu jualan nasi bungkus. Begitu kuliah cuman bersihkan 1 kamar doang dan mengurus diri sendiri.

Nah di sebelah kiri ini adalah foto saya awal kuliah. Yang pas kuliah tambah gendut lagi deh kayaknya. Ga punya foto, belum jaman selfie waktu itu hihi.
Sempet minder memang waktu gemuk, tapi agak kurang peduli sama penampilan karena fokusnya lulus kuliah tepat waktu biar cepet dapet kerja dan cepet bantuin keuangan orang tua.
Pas jaman skripsi dan lanjutin apoteker kayaknya lumayan turun sedikit BBnya, cuman ya tetep gemuk. Jadinya emang saya identik dengan gemuk dan bulat :)

Parahnya.. keinginan untuk menurunkan berat badan kecil, jadinya emang ga ada usaha. Berat badan jadi yoyo. Kalau pas banyak tugas atau kegiatan ya turun, kalau pas lowong ya naik lagi.
Trus lulus apoteker bekerjalah saya di pabrik farmasi dimana di ruangan tidak boleh makan dan minum. Kalau minum harus ke ruang minum, itupun hanya air putih saja. Makan siang disediakan kantor, jadi ga bisa pilih menu.

Nah ternyata kebiasaan makan teratur, bekerja teratur, hidup teratur bikin BB menurun sedikit demi sedikit tanpa terasa. Kalau saya dan orang terdekat mungkin ga ngerasa kalau BB menurun. Timbangan juga ga punya :P. Kerasa BB menurun ketika ketemu dengan teman-teman setelah beberapa lama ga ketemu. Semua orang bilang kurusan seperti di foto kanan ini.
Dan bertambah kurus lagi saat menyusui anak. Bener-bener ga menduga efek menyusui bikin sekurus itu, berlebihan kurusnya sehingga keluarga juga protes karena saya terlihat pucat dan bertambah tua daripada umurnya... aww...
Tapi tanpa menambah makan atau suplemen, bb meningkat lagi setelah proses sapih baby :)

Nah judulnya kan pembelajaran tuh.. pembelajaran apa yang saya peroleh?
Orang gemuk itu cenderung diejek dengan cara halus/tidak langsung maupun secara langsung. Saat cuek ya cuek, saat sensitif ya sedih juga wkwk. Itulah sebabnya sekarang saya ga pernah komentar tentang tubuh kurus dan gemuk seseorang karena itu bisa jadi sensitif untuk orang orang yang sensitif.
Karena gemuk, jadi ngerasa ga ada yang suka sama kita, nah dengan demikian kita jadi ga mikirin buat pacaran serius tapi fokus sama sekolah dan kerjaan hehe.
Truuus...untuk ngurusin badan ternyata kuncinya adalah olahraga dan hidup teratur (bekerja, istirahat, makan), jangan gunakan obat-obatan yang belum tentu aman. Jangan harapkan hasil instant, penurunan bb bertahap akan lebih sehat.

Sekian pengalaman saya, bagi yang sedang menurunkan berat badan, atur pola makan, imbangi dengan olahraga teratur dan jika memang memutuskan untuk menggunakan obat-obatan, konsultasi dengan dokter aja ya supaya lebih aman. Tapi menurut saya menggunakan obat-obatan adalah pilihan terakhir.

Semoga sehat semuanya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar